Jumat, 07 April 2017

KEUTAMAAN ORANG BERIMAN

KEUTAMAAN ORANG BERIMAN

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan oleh Allah SWT, pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT oleh karena berkat dan rahmat dan hidayahnya jualah sehingga kita masih dapat berkumpul di tempat yang penuh mubarak ini, salawat dan taslim tak lupa pula kita kirimkan kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah diutus oleh Allah SWT ke permukaan bumi ini sebagai Nabi Rahmatan Lil Alamin.
Seperti kita ketahui bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara, apalagi kalau umur rata-rata umat nabi Muhammad antara 60- 70 tahun. Oleh sebab itu dengan umur yang begitu singkat tidak seperti umur umat-umat yang terdahulu relative lebih panjang bisa mencapai 700 tahun, 800 tahun bahkan ada yang mencapai umur 1000 tahun.
Nah dalam umur singkat seperti itu betapa ruginya kita kalau tidak dipergunakan untuk beribadah kepada Allah SWT pada surah Al ‘Asr ayat 1-3 yang artinya seperti dibawah ini:
  1. Demi masa
  2. Sungguh manusia berada dalam kerugian
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kesadaran (S. Al-‘Asr 1, 2 & 3)
Kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan oleh Allah SWT, Dengan memperhatikan firman Allah SWT pada surah Al-‘Asr itu, maka jelaslah sudah bahwa hidup di dunia ini kalau saja kita tidak beriman kepada Allah dan Rasulullah Muhammad Saw maka akan merugi, seperti yang disampaikan oleh Allah lewat firman-Nya.
Jadi keutamaan orang beriman hidup di dunia selain tidak merugi dan menyesal, maka orang beriman itu akan mendapat keuntungan dan kebahagiaan di dunia terlebih lebih dia akan mendapat keuntungan dan kebahagiaan di akhirat nanti amin, kalau saya orang beriman itu disertai dengan melakukan kebaikan amal saleh, maka orang beriman itu di hari kemudian nanti akan dimasukkan ke dalam surga oleh Allah SWT, sebagaimana firman Nya di dalam Al Qur’an surah Hud Ayat 23 yang artinya seperti dibawah ini:
Sesungguhnya orang-orang beriman dan mengerjakan kebajikan dan merendahkan diri kepada Tuhan, mereka itulah penghuni surga, mereka kekal didalamnya. (Q.S.Hud ayat 23)

Kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan oleh Allah SWT, inilah keutamaan yang tertinggi diperoleh orang-orang yang beriman, yang senantiasa melakukan kebajikan (amal saleh) dan senantiasa pula merendahkan diri kepada tuhannya. Oleh sebab itu sebagai orang yang beriman kepada Allah dan rasulnya, marilah kita senantiasa menghiasi keimanan itu dengan mengerjakan kebajikan yang ikhlas semata-mata hanya karena Allah SWT, dan senantiasa pula memperbanyak zikir dan beriztigfar kepada Allah, semoga kita termasuk orang-orang yang beriman, beruntung dan berbahagia hidup di dunia dan di akhirat nanti. Demikian ceramah singkat lebih kurangnya mohon di maafkan.
Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Implementasi Trilogi Nusa Putra

 Assalamu'alaikum Wr. Wb. Haiii... perkenalkan nama saya Raida Namira Aulia, salah satu mahasiswi program studi Pendidikan Guru Sekolah ...